ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STUDENT ENGAGEMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Saiful Ni'am Muzakki, Latifah Nur Ahyani, Ria Rismawati, Bunga Ayu Kharisma

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi student engagementdalam sistem perkuliahan blended learning. Student engagement adalah istilah yang digunakan untukmenggambarkan minat atau antusiasme individu terhadap sekolah yang berdampak pada kinerja dan perilakuakademik. Selain itu, student engagement atau keterlibatan siswa adalah sesuatu yang melibatkan perilakupositif siswa, perhatian, dan partisipasi di kelas, serta pengalaman psikologis serta emosi di lingkungansekolah yang menunjukkan bahwa seseorang diperhatikan, dihormati, dan menjadi bagian dari lingkunganinstitusi pendidikan. Keterlibatan siswa dapat dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu: tingkat tantangan akademis,hubungan siswa dan sekolah, proses pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, pengayaan pengalamanpendidikan, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Penggunaan model pembelajaran blended learningsebagai salah satu model pembelajaran tentunya akan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam prosesperkuliahan. Dalam model pembelajaran blended learning akan menggabungkan antara pembelajaran tatapmuka dengan pembelajaran dalam jaringan (daring), baik dari cara penyampaian hingga gaya pembelajaran,sehingga kombinasi pengajaran yang tercipta tetap menekankan interaksi sosial, tapi tidak meninggalkanaspek teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan melibatkan tiga orang mahasiswayang berperan sebagai informan untuk memberikan informasi terkait faktor apa saja yang mempengaruhiketerlibatannya dalam proses perkuliahan dengan model pembelajaran blended learning.Hasil dari penelitianini ditemukan bahwa kelima faktor yang disampaikan oleh LaNasa, Cabrera, & Transgurd (2009)memberikan pengaruh terhadap keterlibatan mahasiswa di dalam perkuliah dengan model pembelajaranblended learning. Kelima faktor tersebut adalah 1) Tingkat tantangan akademik, 2) Hubungan siswa dengansekolah, 3) Pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, 4) Pengayaan pengalaman pendidikan, 5) Lingkungansekolah yang mendukung.

Keywords


Student Engagement, Blended Learning.

Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. 2020. ”Pengaruh COVID-19 terhadap penerapan pendidikan karakter dan

pendidikan islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12. 2, 107–115.

https://doi.org/https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407.

Abubakar, F. 2015. “Pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap

motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa.” Jurnal Pekommas 18. 1, 53-62.

Andika. 2009. “Pembelajaran Kontekstual”. www.teoripembelajaran.teknodik.net, diakses 8 Juni 2022

jam 15.24.

Appleton, J. J., Christenson, S. L., & Furlong, M. J. 2008. ”Student engagement with school: Critical

conceptual and methodological issues of the construct.” In Psychology in the Schools 45. 5,

https://doi.org/10.1002/pits.20303.

Aqeel, M., Shuja, K. H., Abbas, J., Rehna, T., & Ziapour, A. 2020. ”The influence of illness perception,

anxiety and depression disorders on students mental health during COVID-19 outbreak in pakistan: a

web-based cross-sectional survey.” June. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-30128/v1.

Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnesti, N., & Hamid, A. 2015. "Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi

interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris." Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam

Pendidikan 2. 1, 85-99.

Bond, M., Buntins, K., Bedenlier, S., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. 2020. ”Mapping research in

student engagement and educational technology in higher education: a systematic evidence map.”

International Journal of Educational Technology in Higher Education 17. 1,

https://doi.org/10.1186/s41239-019-0176-8.

Budiyono, S. Harta, D. Yuliantoro, A. 2021. “The application of discussion method for improving the

students' logical thinking skills”. Journal of Applied Studies in Language, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 56-66, june

ISSN 2615-4706. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jasl.v5i1.2345.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta. [11] Dixson, M. D. 2015. ”Measuring student engagement in the online course: The online student

engagement scale.” Online Learning Journal (OLJ) 19. 4, 143.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24059/olj.v19i4.561.

Fadil, F. Afandi, N. K. Sukriyanto, H. Yusuf, T. and Adawiyah, R. 2021. “Efektivitas metode diskusi

berdasarkan kepribadian pada masa pandemi,” Southeast Asian J. Islam. Educ., vol. 03, no. 02, pp.

–227

Firmansyah, Y., & Kardina, F. 2020. ”Pengaruh new normal ditengah pandemi COVID-19 terhadap

pengelolahan sekolah dan peserta didik.” Buana Ilmu 4. 2, 99–112.

https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107.

Ghufron, N. M., & Risnawita, R. 2016. Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

LaNasa, S. M., Cabrera, A. F., & Trangsrud, H. 2009. “The construct validity of student engagement:

A confirmatory factor analysis approach.” Research in Higher Education 50. 4, 315-332.

Latif, A. Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. 2017. “Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan

Kesipan Kerja Mahasiswa,” Konselor,. 6,. 1, p. 29, 2017, doi: 10.24036/02017616535-0-00.

Munandar, S.C.U. 2009. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. N. C. 2018. “Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal

Dakwah 12. 2, 159-180.

Lewis, A. D. ., Huebner, E. S., Malone, P. S. ., & Valois, R. F. 2011. ”Life satisfaction and student

engagement in adolescents.” Journal of Youth and Adolescence 40. 3, 249–262.

https://doi.org/10.1007/s10964-010-9517-6.

Mardawani, 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif

Kualitatif. Deepublish. ISBN 6230217015, 9786230217012.

Munandar, S.C.U. 2009. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mosa, E. 2006. “Puntoedu: a blended e-learning model.” Current Developments in Technology-Asisted

Education 6. 4, 1744-1749.

Pratikno. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Kelompok terhadap Minat

Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Cahyana Kecamatan Rembang Purbalingga

tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi. Yogyakarta: FKIP UNY

Pertiwi, M. C. Awang, S. Rahmawati, I. Kaltsum, H. U. 2015. “Hubungan Organisasi dengan

Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership,” Pros. Semin. Nas. dan Call Pap. "Aktualisasi Bimbing.

Konseling pada Pendidik. Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter”Aktualisasi Bimbing.

Konseling pada Pendidik. Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter” Cetakan Pertama, Surak, pp.

–234, [Online]. Available:

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6022/1_Mungin Eddy

Wibowo.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Sardiman, A. M. 2020. Interaksi & motivasi belajar mengajar.

https://ecampus.unusia.ac.id/repo/handle/123456789/8997.

Santoso, I. B. 2019. “Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2019-2020.” Jurnal Ilmu

Manajemen, 16. 2, 102-113. https://doi.org/10.21831/jim.v16i2.34768

Sujana, A. 2014. Pendidikan Ipa. Bandung: Rizqi Press.

Toquero, C. M. 2020. Challenges and opportunities for higher education amid the COVID-19

pandemic: The Philippine context. Pedagogical Research 5. 4, em0063.

https://doi.org/10.29333/pr/7947.

Upoalkpajor, J. L. N., & Upoalkpajor, C. B. 2020. ”The impact of COVID-19 on education in Ghana.”

Asian Journal of Education and Social Studies 9. 1, 23–33.

https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v9i130238

Virtanen, T. E. ., Kiuru, N., Lerkkanen, Marja-Kristiina; Poikkeus, A.-M., & Kuorelahti, M. 2016.

”Assessment of student engagement among junior high school students and associations with selfesteem, burnout, and academic achievement Journal.” Journal for Educational Research Online 8. 2,

–157.

https://doi.org/https://www.pedocs.de/volltexte/2016/12430/pdf/JERO_2016_2_Virtanen_et_

al_Assessment_of_student_engagement.pdf.

Wulandari, T., Agrita, T. W., & Hidayatullah, K. 2020. Analisis perbandingan perkuliahan online dan

offline terhadap mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. In Proceeding National

Conference: Education, Social, Science, and Humaniora 2. 1, 64-68). https://journalcenter.litpam.com/index.php/essh/article/view/351/170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.