PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BANGUN RUANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa E-Learning Matematika berbasis Google Sites pada materi bangun ruang; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa E-Learning Matematika pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall yang terdiri atas 6 langkah meliputi: analisis kebutuhan (potensi masalah), pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD 1 BAE dan SD 1 BAE berjumlah 32 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, respon siswa, dan guru wali kelas untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa E-Learning Matematika berbasis Google Sites untuk pembelajaran Matematika. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) Uji kelayakan oleh ahli materi dengan kriteria sangat layak dengan persentase 96%, 2) Uji kelayakan oleh ahli desain media dengan kriteria sangat layak 82%, 3) Uji coba pada 32 peserta didik kelas V SD 1 BAE 86%, 4) Uji coba pada wali kelas V SD 1 BAE dengan kriteria sangat layak dengan persentase 97,5%. Nilai rata-rata keseluruhan uji kelayakan adalah 90,3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Ani, C. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur.
serang: Laskita Indonesia.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daulay, I., & Baharuddin (2017). The Development of Computer-Based Learning Media at A Vocation High School. International Journal of Geomate Vol. 12 No. 30.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-
Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th Edition). New Jersey: Pearson Education Inc.
Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Sumedang: Unpad Press.
Karwati, Euis. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal penelitian Komunikasi 17, No. 1.
Ningsih, S., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 163-172.
Riyanto, W. D, & Gunarhadi. (2012). The Efektiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning, (Utiliing Power Point for Student with Learning Disablity). International Journal of Pedagogy and Teacher Education.
Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan Pengaruh Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13.
JIEMAR, (1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, N. L., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. (2022). Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 895-904.
Tumanggor, L. M., Haryanto, E. V., & Akbar, M. B. (2020). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus Matematika Untuk SMA Berbasis
Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 451-462.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen BAB IV Guru. Pasal 10 Ayat 1. (2005)
Wahyuni, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pendamping Guru Dengan Model Webbed Untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.