PENGARUH MEDIA TAPARAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 2 GEMIRINGLOR
Abstract
Media Tangga Satuan Panjang dan Berat yang bisa disebut TAPARAT ini merupakan media belajar Matematika yang berupa papan tangga, dimana media TAPARAT tersebut dilengkapi dua sisi satuan yang berbeda, yaitu satuan panjang dan satuan berat yang apabila naik atau turun menggunakan bantuan lompatan seekor katak untuk menghitung berapa lompatan atau konversi satuannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi satuan panjang dan berat serta mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media TAPARAT di kelas II Fase A SDN 2 Gemiringlor, Jepara. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara observasi dan angket. Media mendapatkan validasi oleh ahli sebesar 83,75% dari jumlah maksimal persentase 100% yang dikategorikan sangat layak kemudian di uji efektifitas nya dengan menggunakan one group pretest-post-test design yang dilakukan untuk mengukur perbandingan hasil belajar siswa. Hasil pretest diperoleh nilai rata- rata siswa 53,6 dan hasil post-test setelah siswa menggunakan media TAPARAT mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,9 yang berarti ada kenaikan hasil belajar siswa sebesar 30,3 point atau 56,5% dengan nilai signifikansi uji-t 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, media TAPARAT layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika Kelas II SDN 2 Gemiringlor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk. 2019, 1338–1347.
Hidayat, Fitria dan Nizar Muhammad. 2021. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, Volume 1, No. 1, Desember 2021 : 28-36. https://jurnal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai
Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 1. Sekretariat Negara. Jakarta
Izzaturahma, E., Putu, L., Mahadewi, P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Lanna, S., Trikassa, N., Oktavia, M., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match terhadap Pemahaman IPA Siswa Kelas IV. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4834
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNIK PRE-TEST DAN POST-TEST PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM KEBERHASILAN EVALUASI
PEMBELAJARAN DI SDN BOJONG 04. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid R, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN CIKOKOL 2. In
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Ulandari, S., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Jari Baru (Jaring-Jaring Bangun Ruang) Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SDN 02 Pejanggik Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 216–222. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.428
Wardhani, S. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/9934
Widya Octaviani, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Educational Technology Journal), 1(2), 66–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj
Refbacks
- There are currently no refbacks.