PENGEMBANGAN MEDIA PASTIDY (PAPAN STICK TEDDY) UNTUK PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG KELAS I SD

Ahmad Ridlwan Imamuddin, Bagas Kurniawan, Muhammad Akmal Prakoso, Muhammad Irfan Maulana, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan berupa media PASTIDY dan memahami tanggapan siswa terhadap kelayakan media tersebut bagi siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mempertimbangkan pengembangan produk model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD N 2 Hadipolo yang berjumlah 17 peserta didik dan pengumpulan data instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, guru kelas I dan peserta didik untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa media stick teddy. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan pedoman kriteria untuk menentukan kategori produk. Hasil temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Media pembelajaran operasional Hitung telah dikembangkan Sebagai Media Papan Stick Teddy 2) kelayakan media pembelajaran berupa Papan Stick Teddy yang sudah dikembangkan sangat baik dengan rata-rata 4,9 menurut ahli media media 3) Penilaian guru dengan rata-rata 4,7 tergolong sangat baik 4) Hasil penilaian peserta didik dengan rata-rata 4,7 dengan ini dapat dikatakan sangat baik 5) Hasil pretest peserta didik 59,4 dan hasil posttest peserta didik 85,2, dengan kenaikan rata- rata 25,8 poin, atau 43,4%. Hasilnya, media pembelajaran Papan Stick Teddy sangat cocok digunakan sebagai alat bantu dalam pelaksanaan pembelajaran operasi hitung di kelas I SD.


Keywords


media pembelajaran; PASTIDY; operasi hitung

Full Text:

PDF

References


Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58-68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207-1216.

Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Yuniawantika. (2016). Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistika Indonesia (PMRI). Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, …(1), . Retrieved from http://journal.um.ac.id/.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:ALFABETA.

Widodo, S. A, & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Antika, J., & Siregar, N. K. (2022). Analisis Masalah dan Kesulitan Belajar Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I di MIN 9 Medan. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 419-426.

Eko Putro Widoyoko, S. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.