PENGEMBANGAN MEDIA PAWAPER KONSEP PERKALIAN UNTUK KELAS III
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengembangkan pembelajaran matematika dalam bentuk media Papan Wadah Perkalian (PAWAPER) pada materi konsep perkalian. 2) Mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap kelayakan media pembelajaran berupa (PAWAPER). Penelitian ini merupakan R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD N 3 Rejosari berjumlah 10 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas III SD 3 Rejosari. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa “PAWAPER”, untuk pembelajaran konsep perkalian matematika. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah : 1) Telah dikembangkan media pembelajaran matematika berupa “PAWAPER”. 2) Kelayakan media pembelajaran matematika berupa “PAWAPER”, telah memperoleh hasil 93,3 % dari dosen ahli materi dan 95,5% dari dosen ahli media 3) Dengan 90 penilaian guru dengan kriteria adalah sangat layak. 4) Hasil respon peserta didik dengan persentase 93,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari pretest 88,5 dan hasil dari posttest 95 .Kemudian untuk keefektifan media PAWAPER ini dinyatakan efektif terlihat dari kenaikan hasil belajar pretest-posttest sebesar 10,7% dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
Armin, R., & Purwati, W. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton.
Chabib Dwi Kurniawan, M., & Dasar Negeri Sentul, S. (2019). Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar {1 PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN “PREDIKSI PENUH BUKTI” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. All Rights Reserved P-ISSN, 3(1), 2580–2586.
Febrianingrum, L. (2022). Peran Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(2), 277. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7985
Mardhotillah, A. F., Destovia, N., & Ananda, T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MISTERI UNTUK KEMAMPUAN. 4(1).
Rahmatunnisa. (2022). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian ) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–12.
Suparti. (2016). Metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 1, 40.
Supriatna, A., & Wulandari, F. (2023). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian) Pada Pembelajaran Matematika Materi. 1(1), 1–10.
Utami, U. B., Purnamasari, V., & Supandi, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 4 Sidodadi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1), 52–62. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1767
ASTAR, A. R. (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR PERKALIAN DENGAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR DI SEKOLAH DASAR. REPOSITORY UNIVERSITAS JAMBI.
Firda Lamuhamad, L. L. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Bangun Ruang Melalui Penerapan Alat Peraga Papan Perkalian Kelas VDi SDN 2 Inpres Liang. Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Matematika.
Shinta Sugiarto, A. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II SD MATERI PENJUMLAHANDAN PENGURANGAN BERBASIS METODE MONTESSORI.
Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.