Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Puisi

Ahsani Taqwim Musfiroh, Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Media audio-visual ialah campuran media suara dan media gambar. Pendayagunaan media audio-visual proses belajar puisi menjadikan pengkajian puisi lebih menarik dan beragam karena dapat membangkitkan perasaan dan ide peserta didik serta menjadi motivasi serta materi mudah dikuasai. Kehadiran media memegang peranan penting terhadap proses belajar. Ambiguitas materi yang dipaparkan oleh guru mampu didukung melalui penggunaan media. Kerumitan bahan ajar untuk mengajar peserta didik dapat disederhanakan melalui bantuan media. Penggunaan media audio visual selama proses pembelajaran puisi mampu menjadikan proses belajar menarik dan beragam. Jenis penelitian ialah penelitian kualitatif memakai studi pustaka. Studi pustaka ialah menyatukan bahan yang berhubungan pada topik atau persoalan objek penelitian. Metode ini berfungsi memperoleh data sekunder sebagai pedoman teori dan praktik di lapangan. Data sekunder diperoleh lewat internet dan dari hasil kajian peneliti terdahulu. Penelitian bertujuan guna melihat pengaplikasian media audio-visual pengkajian puisi. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil studi pustaka dari kajian peneliti terdahulu, pengaplikasian media audio visual melalui proses belajar mengajar puisi dapat menambah keterampilan menulis peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah pendayagunaan media audio visual mampu menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas peserta didik, oleh karena itu guru selaku pendidik diwajibkan menguasai teknologi dan mampu memilih media pembelajaran secara baik supaya proses pembelajaran tidak terhambat karena kurang penguasaan media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Bab II Landasarn Teori A. Media Audio Visual. (n.d.). In Perpustakaan Universitas Islam Riau. Retrieved September 28, 2022, from repository.uir.ac.id/3464/5/bab2.pdf

Dewi. (2020). Revitalisasi Pembelajaran Menulis Puisi melalui Penggunaan Media Audio VIisual. Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Develpment Goal (SDCs) Di Era Society 5.0, 175–179.

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1), 1–10.

Lastika Putri, W., & Widihastrini, F. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Mind Mapping dengan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal, 3(2), 8–16. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Lestari, A. T., & Damayani, A. T. (2017). Keefektifan Media Audio Visual sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214–225.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajaran, 3(1).

Supriatini. (2017). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra 1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.