Strategi Membangun Kader Militan Organisasi Himpunan Mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Kastrasia Universitas Pendidikan Indonesia

Aditya Firmansyah, Isna Nor Aini, Moh Rouful Khakim, Noor Khumaidah

Abstract


Dalam sebuah organisasi, kaderisasi menjadi hal yang sangat penting bagi eksistensi dan kelanjutan organisasi. Pengkaderan adalah jantungnya organisasi, dimana baik buruknya dan langgengnya organisasi kita, sangat tergantung dari seberapa serius pelaku organisasi tersebut melaksanakan pengkaderan. Himpunan Mahasiswa Katrasia sebagai organisasi himpunan mahasiswa yang telah melakukan pengkaderan lewat lembaga pendidikan yang berada dibawah naungannya, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia yang mempunyai visi “Menjadi Pelopor dan Unggul“ Dari visi Universitas Pendidikan Indonesia tersebut, dapat ketahui bahwa salah satu profil out put lembaga ini adalah melahirkan sarjana yang mampu menjadi contoh dan memiliki kemampuan unggul.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi konsep perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengkaderan di Himpunan Mahasiswa terhadap lahirnya kader organisasi militan di Organisasi Himpunan Mahasiswa Kastrasia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Upaya menganalisa data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif, mulai memilah data hingga menginterpretasikan hasil temuan di lapangan. Upaya mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan konsep membangun kader militan dilakukan dengan, (a) Menentukan pola pembinaan kader, (b) Melaksanakan manajemen pengelolaan sumberdaya, (2) Pelaksanaan pengkaderan dalam membangun kader militan (a) Perkuat spirit perjuangan, mengikuti aksi-aksi sosial, (b) Menentukan tahapan pengkaderan per- jenjang sesuai dengan sistem organisasi.

Keywords


Strategi;Konsep Pengkaderan;Organisasi Militan

Full Text:

PDF

References


AGUNG, P. L. (2021). STRATEGI PENGKADERAN RUMAH DA’I DALAM MENCIPTAKAN DAI BERKUALITAS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Pangestu, E. W., & Supratman, L. P. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pengkaderan Kader Korps Himpunan Mahasiswa Islam-Wati (Kohati) Cabang Bandung. eProceedings of Management, 6(2).

Sugara, B., Harto, K., & Siroj, R. A. (2019). Pola Pengkaderan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dalam Membentuk Kepribadian Muslim di Perguruan Tinggi Se-Kota Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2), 1-10.

Cholis, M. N. (2019). Strategi membangun kader organisasi militan di lembaga pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim–Pesantren Hidayatullah Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hardjana, A. (2016). Komunikasi organisasi: Strategi dan kompetensi.

Junaidi, J. (2014). Manajemen pengkaderan organisasi kepemudaan: Studi terhadap strategi kaderisasi PMII Cabang Kota Semarang tahun 2010-2012 dalam meningkatkan aktifitas mahasiswa (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Khoiri, K., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. REVITALISASI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PROSES PENGKADERAN DI ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(12).

Siagian, S. P. (1993). Analisa serta perumusan kebijakan dan strategi organisasi.

Aji, D. M. Strategi Pengkaderan pada Pendidikan Dasar Ulama di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.