Membentuk Guru Yang Humanis, Profesional di Era Milenial Untuk Menciptakan Kegiatan Belajar yang Menyenangkan

Via Armyandau, Dwi Rahmawati, M. Ainul Aji Putra, Mokhammad Jadid

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan peran guru di era milenial yang dilandasi dengan sifat yang humanis, profesional untuk menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Era milenial adalah era digital di mana masyarakat sangat bergantung dengan media sosial dan derasnya informasi berbasis online, tetapi secara kepribadian mereka belum memiliki filter untuk memilah dan memilih informasi tersebut. Profesi guru pada masa ini semakin kompleks, kualifikasi keilmuan dan gelar akademis belum cukup untuk membentuk watak dan pribadi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan permasalahan berdasarkan fakta-fakta tentang tuntutan guru yang memiliki sifat yang humanis, professional berdasarkan fenomena pada era milenial. Tanggung jawab guru pada era milenial menuntut guru tidak hanya memiliki kemampuan profesional tetapi juga harus memiliki nilai-nilai yang mampu membentuk watak dan pribadi peserta didiknya dalam menghadapi dunianya. Di antara nilai yang perlu dimiliki oleh guru adalah nilai-nilai yang meliputi humanis, profesional, kerja sama, sosial-profetik, toleransi, keteladanan, dialogis, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Keywords


Peran Guru;Era Milenial;Nilia-nilai humanis dan professional

Full Text:

PDF

References


Wangid Nur M, 2016. Membentuk Guru yang Bermoral, Humanis dan Profesional Melalui Proses Psiko-Pedagogis. Jurnal Pembangunan Pendidikan Volume 4, No. 2. Desember 2016.

Asfiati, 2016. Membangun Profesionalisme Guru yang Humanis dalam Menyambut Kurikulum Nasional. Jurnal Forum Pedagogik Vol. 08 No. 02. Juli 2016.

Siti Irene A, 2016. Menciptakan Belajar yang Humanis Tantangan Pendidik Profesional dan Berkarakter. Jurnal Pembangunan Pendidikan Vol. 4 No. 2. Desember 2016.

Wangid, M. N. (2016). Membentuk Guru yang Bermoral, Humanis dan Profesional Melalui Proses Psiko-Pedagogis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(2), 145-153.

Asfiati, A. (2016, December). Membangun profesionalisme guru yang humanis dalam menyambut kurikulum nasional. In FORUM PAEDAGOGIK (Vol. 8, No. 2, pp. 39-51).

Utami Nur E, 2020. Teori Belajar Himanistik dan Implementasinya dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mudarrisuna Vol. 10 No. 4. Oktober-Desember 2020.

Nuriyati T, Chanifudin, 2020. Pendidik Milenial di Era Globalisasi. Jurnal Asatiza Vol. 1 No. 3. September-Desember 2020.

Ali, E. Y., & Takdir, M. (2021). Penyelenggaraan Program In-House Training Sebagai Upaya Membentuk Guru Profesional. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02).

Agung, P. 2016, Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif, Mahasiswa Skripsi Wajib Tahu. linguistikid.com, https://www.linguistikid.com/2016/09/pengertian-penelitian-deskriptif-kualitatif.htm. Diunduh pada tanggal 10 Januari 2022, pukul 10.00 WIB.

Wahdania, 2020, MENJADI GURU YANG PROFESIONAL DI ZAMAN MILENIAL, Education, https://www.ia-education.com/2020/07/13/menjadi-guru-yang-profesional-di-zaman-milenial/. Diunduh pada tanggal 10 Januari 2022, pukul 11.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.