Pengembangan Potensi Diri dalam Bersosialisasi terhadap Pendidikan dan Masyarakat

Maeta Nilasari, Aning Setyowati, Melina Ukhtiya Yulfa, Wulandari Wulandari

Abstract


Kuliah kerja lapangan merupakan program untuk mengembangkan potensi diri untuk bersosialisasi dan mempraktikkan secara langsung ilmu yang sudah didapatkan dari bangku kuliah ke dunia kerja. Kuliah Kerja Lapangan Universitas Muria Kudus merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya bagi para mahasiswa pada program studi yang telah ditentukan. Selama kuliah hanya dilaksanakan satu kali saja. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dalam melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan dengan mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo, Pusat oleh-oleh cibaduyut, Trans Studio Bandung, Fram House, Floating Market, dan yang paling utama adalah Universitas Pendidikan Indonesia khususnya pada Program Studi Bahasa Sastra Indonesia. Diadakannya kuliah kerja lapangan ini adalah untuk mendapatkan ilmu secara langsung mengenai praktek kerja yang sesungguhnya, agar mahasiswa mengenal lebih dalam mengenai sastra dan kesenian, mahasiswa mendapat bekal nyata agar lebih menghayati masalah yang sangat kompleks yang sedang dihadapi oleh lulusan sarjana dalam masalah ketenagakerjaan, mahasiswa mendapat bekal nyata tentang lingkungan pendidikan dan permasalaha-permasalahan di dalamnya, serta bagaimana cara menjadi tenaga kerja di bidang pendidikan yang baik dan jujur, khususnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia saat KKL di Bandung.Metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Mengenai teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan studi dokumentasi berupa foto dan video.

Keywords


KKL;Potensi;Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Sukma, Agustika Harini. 2013. Studi Organologi Instrumen Angklung diatonis buatan Handiman Diratmasasmita Universitas Pendidikan Indonesia. Repository Upi Edu.

Rosyadi. 2012. Angklung: Dari Angklung Tradisional ke Angklung Modern. Patanjala Volume 4 nomor 1.

Syarifuddin Didin. 2016. Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Udjo Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Volume 13 nomor 2.

https://id.berita.yahoo.com/tujuan-sosialisasi-dalam-masyarakat-pengertian-034036328.html

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-mengenali-potensi-diri-dan-mengembangkannya-dengan-mudah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.